Cara-cara orangtua untuk menangani masalah remaja

Adanya tanda-tanda kesalahan penyesuain diri remaja tentu saja menuntut penanganan yang cepat dan tepat mengingat masa ini merupakan masa penting yang menentukan individu pada masa berikutnya , Penanganan atas permasalahan remaja sangat bervariasi dan tergantung dari konteks dan latar belakang permasalahannya, dan juga upaya-upaya ini idealnya merupakan hasil kerjasama orangtua , guru dan pihak -pihak lain yang terkait secara umum ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mencegah dan menangani permasalahan ini , antara lain :

a.Memahami dan mendengarkan keluhan remaja dengan penuh perhatian , pengertian dan kasih sayang.



b.Memberikan penghargaan terhadap prestasi studi atau prestasi sosial , seperi olahraga , kesenian dan perbuatan-perbuatan baik yang ditunjukkan remaja baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat

c.Banyak Berdiskusi tentang berbagai hal yang terjadi di lingkungan sosial maupun lingkungan sekolahnya serta orientasi masa depan yang akan direncanakan remaja.

d.Realistis dan bersikap objektif terhadap anak , sehingga idealnya orang tua mengetahui kapasitas anak dan mendiskusikan target apa yang ingin dicapai.

e.mulai menyertakan remaja dalam pengambilan keputusan keluarga. Hal ini mendidik anak untuk ikut bertanggung jawab dan melatih mereka dalam proses problem solving dan decision mulcing

f.Mendukung ide-ide remaja yang positif

g.Mengawasi kegiatan dan lingkungan sosial remaja secara proporsional tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar.

h. Jika ada indikasi ketidakberesan yang serius , baik dalam segi fisik ataupun psikologis yang cukup mencolok segera konsultasikan dengan tenaga ahli seperti dokter atau psikolog.

Pesan buat orangtua agar melibatkan para remaja dalam setiap hal yang bisa menyebabkan remaja itu menjadi lebih dewasa asalkan itu bersifat positif.

0 komentar: