Pengaruh Kebudayaan Timur dan Barat kepada remaja

1. BUDAYA TRADISIONAL DAN MODERN

Dalam penulisan tulisan ini saya akan menguraikan mengenai konflik kebudayaan antara timur dan barat. Perdebatan terhadap budaya tradisional dan moderen dalam pergumulan kebudayaan Barat dan Timur pada era yang disebut globalisasi tidak habis-habisnya hingga hari ini, bahkan tidak mungkian pernah selesai. Kebudayaan Barat kadang-kadang dipandang sebagai budaya haram yang menghancurkan nilai-nilai kebudayaan tradisional yang dianggap luhur.


Kebudayaan moderen yang menumbuhkan kebudayaan baru yang disebut budaya populer sepertinya telah mampu menembus celah-celah kehidupan berbudaya bangsa timur, termasuk kebudayaan Minangkabau.Untuk melakukan perlawan terhadap kebudayaan Barat tersebut, para kelompok antisisme budaya Barat sering mencanangkan kampanye terhadap pengaruh budaya barat terhadap perusakan moral anak bangsa. Kebudayaan Barat, dalam hal seni moderen (musik, tari, teater, filem, dsb) seakan-akan titik awal perosakan kebudayaan timur.

Kehadiran Budaya Modern

Hadirnya era informasi dan komunikasi global, kebudayaan tradisional sepertinya mendapat perlawanan yang ketat melawan dirinya sendiri untuk bertahan atau berkembang. Kesenian yang berkembang hari ini telah banyak mengalami pergeseran fungsi. Kebudayaan tradisional yang semula melekat dengan adat dan agama cendrung dikembangkan menjadi kebudayaan tontonan, dan bahkan sebagai propaganda. Ikatan-ikatan estetis antara elemen-elemen tradisional dengan kebudayaan baru menuju budaya populer yang moderen bagaikan peristiwa perlawanan budaya yang sulit diantisipasi.

1.2 Perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya baru

Adanya perubahan baru bisa mengubah adat, kebiasaan , cara pandang, bahkan ideologi suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya dapat mengarah pada hal-hal positif (Kemajuan) dan negatif (Kemunduran). Hal ini tentu saja mempengaruhi pola dan perilaku masyarakatnya.

Hal-hal positif atau bentuk kemajuan akibat adanya perubahan sosial budaya antara lain:

a) Memunculkan ide-ide budaya baru yang sesuai dengan perkembangan zaman
b) Membentuk pola pikir masyarakat yang lebih ilmiah dan rasional
c) Terciptanya penemuan-penemuan baru yang dapat membantu aktivitas manusia
d) Munculnya tatanan kehidupan masyarakat baru yang lebih modern dan ideal

Adapun hal-hal negatif atau bentuk kemunduran akibat adanya perubahan sosial budaya-budaya nasional antara lain:

a) Tergesernya bentuk-bentuk budaya nasional oleh budaya asing yang terkadang tidak sesuai dengan kaidah budaya-budaya nasional
b) Adanya beberapa kelompok masyarakat yang mengalami ketertinggalan kemajuan budaya dan kemajuan zaman, baik dari sisi pola pikir ataupun dari sisi pola kehidupannya
c) Munculnya bentuk-bentuk penyimpangan sosial baru yang makin kompleks
d) Lunturnya kaidah-kaidah atau norma budaya lama, misalnya lunturnya kesadaran bergotong-royong didalam kehidupan masyarakat kota.

Selain itu, akibat daripada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang bermula dari Barat juga telah menembus sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia dalam mempermudah hubungan manusia dengan dunia luar. Manusia dapat menikamti berbagai peristiwa yang terjadi melalui media komunikasi dan informamsi yang berteknologi moderen yang disebut dunia maya, seperti televisi, internet, video-video melalui media player dan sebagainya.
jadi buat para remaja pertahankan lah budaya timur dan jauhi lah budaya barat.

2 komentar: